Kamis, 24 September 2015

Program yang sederhana dengan aplikasi Eclipse dalam OOP

Diposting oleh Unknown di 09.13

Pengertian OOP (Object Oriented Programming) 
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.
Kelas (Class)


Kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh ‘class of dog‘ adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi objectSebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.
Objek (Object)

Membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer, objekmerupakan dasar dari modularitas dalam sebuah program komputer berorientasi objek.

Metode (Method)
adalah merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Contoh : 
pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.

Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya. Metode  memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1.      Nama metode
2.      Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3.      Daftar parameter.
4.      Badan atau isi metode.

Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri. Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi penting. Ini disebut overloading metode.
Karakteristik OOP (Object Oriented Programming) 
  • Semua adalah objek.
  • Komputasi dilakukan dengan komunikasi antar objek. Setiap objek berkomunikasi dengan objek yang lain melalui pengiriman dan penerimaan pesan.
  • Sebuah pesan merupakan permintaan atas sekumpulan aksi dengan semua argumen yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu.
  • Setiap objek memiliki memori sendiri, yang dapat terdiri dari objek-objek lainnya.
  • Setiap objek adalah wakil atau representasi dari suatu kelas. Sebuah kelas dapat mewakili sekelompok objek yang sama.
  • Kelas merupakan kumpulan tingkah laku yang berkaitan dengan suatu objek. Jadi, semua objek yang merupakan wakil dari kelas yang sama dapat melakukan aksi yang sama pula.
  • Kelas-kelas diorganisasikan ke dalam struktur pohon yang berakar tunggal, yang dinamakan dengan jenjang pewarisan (inheritance hierarchy).
  • Setiap objek pada umumnya memiliki tiga sifat, yaitu keadaan, operasi dan identitas objek.
  • Operasi merupakan tindakan yang dapat dilakukan oleh sebuah objek.
  • Keadaan objek merupakan koleksi dari seluruh informasi yang dimiliki oleh objek pada suatu saat.
  • Informasi yang terkandung pada objek tersebut pada akhirnya memberikan identitas khusus yang membedakan suatu objek dengan objek lainnya.
Dan berikut ini adalah langkah-langkah atau proses pembuatan program yang sederhana dengan aplikasi Eclipse dalam OOP :
Contoh Program
  • Write the class atau buat kelasnya.
public class first {
       String nama;
       String warna;
       String jenis;
       int berat;
  • Create the object atau buat objek dalam kelas tersebut
       void infoKucing() {
              System.out.println("Nama kucing:"+nama);
              System.out.println("Warna kucing:"+warna);
              System.out.println("Jenis kucing:"+jenis);
              System.out.println("Berat kucing:"+berat);
       }
}
  • Use the object atau gunakan objek tersebut
public class kucing2 {
      
              public static void main (String[] args) {
                     //awal program dijalankan
                     //class objek=new kronstruktor();
                     first kucingRina = new first();
                    
                    
                     kucingRina.nama = "Leo";
                     kucingRina.warna = "Coklat Putih";
                     kucingRina.jenis = "Percia";
                     kucingRina.berat = 8;
                    
                     kucingRina.infoKucing();
              }
}
  • Dan langkah yang terakhir adalah dispose of the object yaitu yang berkaitan dengan memori namun jarang digunakan di Java.
Jangan lupa untuk di save dulu baru di run, maka selanjutnya akan muncul seperti berikut:
Semoga bermanfaat dan perlu di inggat bahwa dalam membuat suatu program dalam OOP, untuk membuat kelas terlebih dahulu baru deklarasikan objek-objek yang dibutuhkan. Begitu pula dalam meengkapi Attribute (properti) dan Methods (operasi).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Rina Tri Pangestuti Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos