UML (Unified Modeling Language) adalah standarisasi internasional untuk notasi dalam bentuk grafik, yang menjelaskan tentang analisis dan desain perangkat lunak yang di kembangkan dengan pemrograman beroriantasi objek. Sebuah bahasa untuk menetukan, visualisasi, kontruksi, dan mendokumentasikan artifact (bagian dari informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses pembuatan perangkat lunak. Artifact dapat berupa model, deskripsi atau perangkat lunak) dari system perangkat lunak, seperti pada pemodelan bisnis dan system non perangkat lunak lainnya.
UML
merupakan bahasa standar untuk penulisan blueprint software yang digunakan
untuk visualisasi, spesifikasi, pembentukan dan pendokumentasian alat-alat dari
sistem perangkat lunak.
Jenis-Jenis diagram UML dan beberapa contoh diagramnya
a. Use case diagram
Use case diagram yaitu salah satu jenis diagram pada
UML yang menggambarkan interaksi antara sistem dan aktor, use case diagram juga
dapat men-deskripsikan tipe interaksi antara si pemakai sistem dengan
sistemnya.
Activity diagram atau diagram aktivitas yaitu salah
satu jenis diagram pada UML yang dapat memodelkan proses-proses apa saja yang
terjadi pada sistem.
c. Sequence diagram
Sequence diagram yaitu salah satu jenis diagram pada
UML yang menjelaskan interaksi objek yang berdasarkan urutan waktu, sequence
diagram juga dapat menggambarkan urutan atau tahapan yang harus dilakukan untuk
dapat menghasilkan sesuatu seperti pada use case diagram.
d. Class diagram
Class diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML
yang digunakan untuk menampilkan kelas-kelas maupun pakaet-paket yang
ada pada suatu sistem yang nantinya akan digunakan. Jadi diagram
ini dapat memberikan sebuah gambaran mengenai sistem maupun relasi-relasi
yang terdapat pada sistem tersebut.
e. Statemachine diagram
Statemachine diagram yaitu salah satu jenis diagram
pada UML yang menggambarkan transisi maupun perubahan keadaan suatu objek pada
sistem.
f. Communication diagram
Communication diagram yaitu salah satu
jenis diagram pada UML yang dapat menggamabarkan tahapan terjadinya suatu
aktivitas dan diagram ini juga menggambarkan interaksi antara objek yang ada
pada sistem. Hampir sama seperti sequence diagram akan tetapi communication
diagram lebih menekankan kepada peranan masing-masing objek pada sistem.
g. Deployment diagram
Deployment diagram yaitu salah satu diagram pada UML
yang menunjukan tata letak suatu sistem secara fisik, dapat juga dikatakan
untuk menampilkan bagian-bagian softwere yang terdapat pada hardwere
dan digunakan untuk menerapkan suatu sistem dan hubungan antara komponen
hardwere. Jadi Deployment diagram intinya untuk menunjukan letak softwere pada
hardwere yang digunakan sistem.
h. Component diagram
Component diagram yaitu salah satu jenis diagram pada
UML yang menggambarkan softwere pada suatu sistem. Component diagram
merupakan penerapan softwere dari satu ataupun lebih class, dan biasanya
berupa file data atau .exe, source kode, table, dokumen dsb.
i. Object diagram
Object diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML
yang menggambarkan objek-objek pada suatu sistem dan hubungan antarnya.
j. Composite structure diagram
Composite structure diagram yaitu salah satu jenis
diagram pada UML yang menggambarkan struktur internal dari penklasifikasian
(class, component atau use case) dan termasuk titik-titik interaksi
penklasifikasian kebagian lainnya dari suatu sistem. Ini hampir mirip seperti
class diagram akan tetapi composite structure diagram menggambarkan
bagian-bagian dari individu kelas saja bukan semua kelas.
k. Interaction Overview Diagram
Interaction Overview diagram yaitu salah satu jenis
diagram pada UML yang berguna untuk men-visualisasikan kerjasama dan hubungan
antara activity diagram dengan sequence diagram.
l. Package diagram
Package diagram yaitu salah satu jenis diagram pada
UML digunakan untuk mengelompokan kelas dan juga menunjukan bagaimana elemen
model akan disusun serta mengambarkan ketergantungan antara paket-paket.
m. Diagram Timing
Diagram timing yaitu salah satu jenis diagram pada UML
yang disebut sebagai bentuk lain dari interaksi diagram, dimana fokus yang
paling utamanya kepada waktu. Diagram timing berguna untuk menunjukan
faktor-faktor yang membatasi waktu antara perubahan state terhadap objek yang
berbeda.
Tugas
Sebelum membuat Program Tabungan Belajar, pertama kita buat dulu diagram circle nya, disini saya menggunakan aplikasi ArgoUML, berikut ini langkah-langkah membuat diagram circle dari program UML di aplikasi ArgoUML :
Sebelum membuat Program Tabungan Belajar, pertama kita buat dulu diagram circle nya, disini saya menggunakan aplikasi ArgoUML, berikut ini langkah-langkah membuat diagram circle dari program UML di aplikasi ArgoUML :
1 Buka aplikasi ArgoUML, dan akan muncul tampilan
seperti gambar berikut
4 Tulis nama class nya
11 Maka hasilnya sebagai berikut
Untuk membuat source code nya kita bisa melihat
dari gambar diagram tadi dimana untuk membuat program Tabungan pelajar
diperlukan 4 kelas, yaitu :
- Class TabunganPelajar,
- Class Rekening,
- Class Pelajar,
- Class Orang
- Satu class main (disini saya membuat kelas dengan nama class cek).
Langsung saja berikut source code nya mulai
dari Class TabunganPelajar,
Kemudian buat source code Class Rekening,
Setelah itu buat source code Class Pelajar,
Jangan lupa juga untuk membuat source code Class
Orang,
Dan yang paling penting buat source code class main,
Kemudian di run, dan hasilnya sebagai berikut,
0 komentar:
Posting Komentar