Rabu, 09 Desember 2015

UML (Unified Modeling Language)

Diposting oleh Unknown di 06.11

UML (Unified Modeling Language) adalah standarisasi internasional untuk notasi dalam bentuk grafik, yang menjelaskan tentang analisis dan desain perangkat lunak yang di kembangkan dengan pemrograman beroriantasi objek. Sebuah bahasa untuk menetukan, visualisasi, kontruksi, dan mendokumentasikan artifact (bagian dari informasi yang digunakan atau dihasilkan dalam suatu proses pembuatan perangkat lunak. Artifact dapat berupa model, deskripsi atau perangkat lunak) dari system perangkat lunak, seperti pada pemodelan bisnis dan system non perangkat lunak lainnya.
            UML merupakan bahasa standar untuk penulisan blueprint software yang digunakan untuk visualisasi, spesifikasi, pembentukan dan pendokumentasian alat-alat dari sistem perangkat  lunak.

Jenis-Jenis diagram UML dan beberapa contoh diagramnya
a. Use case diagram
Use case diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan interaksi antara sistem dan aktor, use case diagram juga dapat men-deskripsikan tipe interaksi antara si pemakai sistem dengan sistemnya.

Inilah contoh dari use case diagram.



b. Activity Diagram
Activity diagram atau diagram aktivitas yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang dapat memodelkan proses-proses apa saja yang terjadi pada sistem.

Inilah contoh dari activity diagram.

c. Sequence diagram
Sequence diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menjelaskan interaksi objek yang berdasarkan urutan waktu, sequence diagram juga dapat menggambarkan urutan atau tahapan yang harus dilakukan untuk dapat menghasilkan sesuatu seperti pada use case diagram.
Inilah contoh dari sequence diagram.

d. Class diagram
Class diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang digunakan untuk menampilkan kelas-kelas maupun pakaet-paket yang ada pada suatu sistem yang nantinya akan digunakan. Jadi diagram ini dapat memberikan sebuah gambaran mengenai sistem maupun relasi-relasi yang terdapat pada sistem tersebut.
Inilah contoh dari class diagram.

e. Statemachine diagram
Statemachine diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan transisi maupun perubahan keadaan suatu objek pada sistem.
 Inilah contoh dari statemachine diagram.

f. Communication diagram
Communication diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang dapat menggamabarkan tahapan terjadinya suatu aktivitas dan diagram ini juga menggambarkan interaksi antara objek yang ada pada sistem. Hampir sama seperti sequence diagram akan tetapi communication diagram lebih menekankan kepada peranan masing-masing objek pada sistem.
Inilah contoh dari communication diagram.

g. Deployment diagram
Deployment diagram yaitu salah satu diagram pada UML yang menunjukan tata letak suatu sistem secara fisik, dapat juga dikatakan untuk menampilkan bagian-bagian softwere yang terdapat pada hardwere dan digunakan untuk menerapkan suatu sistem dan hubungan antara komponen hardwere. Jadi Deployment diagram intinya untuk menunjukan letak softwere pada hardwere yang digunakan sistem.
Inilah contoh dari deployment diagram.

h. Component diagram
Component diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan softwere pada suatu sistem. Component diagram merupakan penerapan softwere dari satu ataupun lebih class, dan biasanya berupa file data atau .exe, source kode, table, dokumen dsb.
Inilah contoh dari component diagram.

i. Object diagram
Object diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan objek-objek pada suatu sistem dan hubungan antarnya.

j. Composite structure diagram
Composite structure diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan struktur internal dari penklasifikasian (class, component atau use case) dan termasuk titik-titik interaksi penklasifikasian kebagian lainnya dari suatu sistem. Ini hampir mirip seperti class diagram akan tetapi composite structure diagram menggambarkan bagian-bagian dari individu kelas saja bukan semua kelas.

k. Interaction Overview Diagram
Interaction Overview diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang berguna untuk men-visualisasikan kerjasama dan hubungan antara activity diagram dengan sequence diagram.

l. Package diagram
Package diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML digunakan untuk mengelompokan kelas dan juga menunjukan bagaimana elemen model akan disusun serta mengambarkan ketergantungan antara paket-paket.

m. Diagram Timing
Diagram timing yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang disebut sebagai bentuk lain dari interaksi diagram, dimana fokus yang paling utamanya kepada waktu. Diagram timing berguna untuk menunjukan faktor-faktor yang membatasi waktu antara perubahan state terhadap objek yang berbeda.
Tugas 
Sebelum membuat Program Tabungan Belajar, pertama kita buat dulu diagram circle nya, disini saya menggunakan aplikasi ArgoUML, berikut ini langkah-langkah membuat diagram circle dari program UML di aplikasi ArgoUML :
1 Buka aplikasi ArgoUML, dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut

2 Untuk membuat class diagram, kita klik class diagram seperti gambar berikut

3 Klik ikon new class Description: tiga setelah itu tempatkan pada lembar kerja ArgoUML

4 Tulis nama class nya

5 Tulis dan masukkan apa saja yang termasuk Atrribute dengan mengeklik new Atrribute Description: lima

6 Tulis dan masukkan apa saja yang termasuk Methods dengan mengeklik new Methods Description: enam

7 Kemudian buat beberapa class yang dibutuhkan dalam program Tabungan Pelajar

8 Untuk menentukan atau menggambarkan hubungan/contains, klik new composition Description: delapan

9 Sedangkan untuk menentukan UniAssociation dari suatu kelas, klik new UniAssociation Description: sembilan

10 Kemudian save hasil yang sudah kita buat
11 Maka hasilnya sebagai berikut

Setelah membuat class diagramnya, kemudian kita mulai membuat source code java nya.
Untuk membuat source code nya kita bisa melihat dari gambar diagram tadi dimana untuk membuat program Tabungan pelajar diperlukan 4 kelas, yaitu :
  1. Class TabunganPelajar,
  2. Class Rekening,
  3. Class Pelajar,
  4. Class Orang
  5. Satu class main (disini saya membuat kelas dengan nama class cek).

Langsung saja berikut source code nya mulai dari Class TabunganPelajar,



Kemudian buat source code Class Rekening,
 
Setelah itu buat source code Class Pelajar, 


Jangan lupa juga untuk membuat source code Class Orang,
Dan yang paling penting buat source code class main,
Kemudian di run, dan hasilnya sebagai berikut,


    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Rina Tri Pangestuti Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos