Minggu, 13 Desember 2015

Kalkulator

Diposting oleh Unknown di 00.05


Kalkulator adalah alat bantu hitung elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat. Fungsi kalkulator sangat bermanfaat bagi sebagian orang yang berkecimpung di dunia ekonomi, bisnis, perbankan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan uang. Dibalik semua kebutuhan itu, tahukah anda semua fungsi tombol yang ada dalam kalkulator itu? Mungkin untuk tombol kalkulasi seperti penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (x), pembagian (:), dan perpangkatan (^) serta mengoperasikannya. Berikut ini keterangan tombol untuk kalkulator sederhana.
C = CLEAR.
Kegunaannya untuk menghapus angka di layar dan reset semua fungsi yang telah diinput, namun tidak menghapus data yang tersimpan di memori kalkulator (fungsi M).
(+/-) = Tanda plus atau minus pada angka.
Kegunaannya untuk menandai angka dengan bilangan positif atau negatif. Biasanya digunakan untuk operasi seperti 10 + (-5) = 5

(/) = Tanda pembagi pada angka.
Kegunaannya untuk membagi “÷” angka dengan bilangan lainnya. Biasanya digunakan untuk operasi seperti 10 : 5 = 2

(*) = Tanda perkaliani pada angka.
Kegunaannya untuk mengalikan “×” angka dengan bilangan lainnya. Biasanya digunakan untuk operasi seperti 10 x 5 = 20

(√) = Tanda pangkat pada angka.
Kegunaannya untuk memangkatkan “^” angka dengan bilangan lainnya. Biasanya digunakan untuk operasi seperti = 4


GT = Grand Total (=)
Kegunaannya untuk memanggil Grand Total memori. Fungsinya hampir sama dengan MR / MRC untuk memanggil memori dari Grand Total. Setiap kali memencet tombol “=”, maka hasilnya akan selalun tersimpan di GT atau Grand Total.

Mari kita mulai pada Deklarasi kami sekarang.

 
JPanel [] row = baru JPanel [5] >> Untuk frame akan memiliki lima baris komponen, jadi saya membuat 5 panel, satu untuk setiap baris.

JButton [] tombol = baru JButton [19] >> Memutuskan berapa banyak tombol, anda akan memiliki pada Kalkulator. Saya menggunakan 19.

 
Baiklah, sekarang mari kita ciptakan array untuk dimensi lebar dan tinggi dari tombol kita akan menciptakan.
int[] dimW = {300, 45, 100, 90}>> lebar kami akan 300, 45, 100, dan 90 untuk berbagai jenis komponen.
int[] dimH = {35, 40}>> ketinggian kami akan 35 untuk tampilan dan 40 untuk tombol.
Dimension displayDimension = new Dimension(dimW[0], dimH[0]);-Menggunakan integer pertama dalam lebar, dan integer pertama tinggi.
Dimension displayDimension = new Dimension(dimW[1], dimH[1]); -Menggunakan integer kedua dalam lebar, dan kedua integer tinggi.
Dimension displayDimension = new Dimension(dimW[2], dimH[1]); -Menggunakan integer ketiga dalam lebar, dan kedua integer tinggi.
Dimension displayDimension = new Dimension(dimW[3], dimH[1]); -Menggunakan integer keempat lebar, dan kedua integer tinggi.






Untuk menemukan sumber tombol yang ditekan kita menggunakan ActionEvent.getSource() = = button karena kita dipanggil ActionEvent ae kita hanya dapat menggunakan ae.getSource() sebagai gantinya. Jadi kami tombol [0] adalah 7. dengan JTextArea kami gunakan append(string) untuk menambahkan teks. Jadi, jika sumber tombol kami adalah tombol [0] (diantara 7 tombol) display.append("7"); Ini akan dilakukan dengan semua button yang menghasilkan teks di layar.

Sekarang pindah ke button fungsi kita (kalikan, membagi, menambah, mengurangi). Sumber yang menekan button kita perlu untuk menetapkan nomor sementara kami pertama dari string pada layar. yaitu sementara [0] = Double.parseDouble(display.getText()); sekarang untuk fungsi kita lakukan kita perlu untuk mengatur yang berfungsi dengan benar. karena tombol [3] fungsi menambahkan kami kami menetapkan fungsi [0] sama dengan benar, sebagai fungsi [0] kami menambahkan. Sekarang kita harus me-reset teks dalam tampilan untuk mendapatkan nilai untuk kedua kami sementara sebelum sama dengan memukul, dengan display.setText("") sederhana; Jadi sekarang melakukan hal ini dengan tombol lain yang memiliki fungsi, mengingat bahwa (fungsi [0] adalah menambahkan, fungsi [1] adalah mengurangi, mengalikan fungsi [2] dan fungsi [3] adalah membagi).

Sekarang hanya cukup kita hanya perlu untuk menggunakan metode-metode yang kita buat untuk tombol-tombol.
Tombol clear akan memiliki clear(); disebut, plus minus tombol akan memiliki getPosNeg(); disebut, tombol akar kuadrat akan memiliki getSqrt(); disebut, dan tombol sama akan memiliki getResult(); disebut.


Hasil GUI Kalkulator akan menjadi seperti ini sesuai dengan ukuran yang telah kita tentutakan 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Rina Tri Pangestuti Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos